LEMBARAN

Rabu, 31 Oktober 2012

darimu untukku olehmu buatku


 fibriono roifin
 

MENGELOLA KINERJA DAN MUTU
1. Pengertian Kontrol
Kontrol organisasi adalah proses sistematis yang di gunakan manajeruntuk mengatur aktivitas organisasi agar tetap konsisten dengan pengharapan yang telah dibuat dalam rencana,target dan standar kinerja.

2. Kartu skor berimbang
Adalah system control manajemen yang memprehensif dan menyeimbangkan ukuran tradisional dengan pengukuran operasional berdasarkan factor penting kesuksesan perusahaan

     4 perspektif utama dari kartu skor berimbang  :
1.   Kinerja keuangan
2.   Layanan pelanggan
3.   Proses bisnis internasional
4.   Kapasitas belajar dan tumbuh yang dimiliki organisasi

3. Model kontrol umpan balik
Menggunakan umpan timbal balik untuk mentukan apakah kinerja mencapai standar yang telah dibuat.

System control yang baik meliputi 4 tahap :
1.   Membagun standar kerja
2.   Mengukur kinerja
3.   Membandingkan kinerja dengan standar
4.   Membuat koreksi

4. Aplikasi Untuk anggaran
Control anggaran adalah salah satu control yang paling sering digunakan.

Anggaran yang digunakan manajer :
·               Anggaran biaya
·               Anggaran pendapatan
·               Anggaran kas
·               Anggaran modal
5. Kontrol Keuangan
·         Laporan keuangan
o   Neraca keuangan (Balance sheet)
o   Laporan laba rugi (income statement)
·         Analisis keuangan
o   Rasio likuiditas rasio likuiditas (liquidity ratio)
o   Rasio aktivitas (activity ratio)
o   Ratio keuangan (profitability ratio)
o   Rasio laverage (leverage)

6. Filosofi control yang berubah-ubah
·         Filosofi control telah bergeser untuk mencerminkan perubahan dalam metode kepemimpinan

·         Control hierarki tradisional menekankan penetapan aturan dan prosedur, kemudian yang mengawasi tindakan karyawan untuk memastikan aturan, prosedur yang di jalankan,dengan control yang didesentralisasi karyawan bertangguang jawab dalam mngawasi kinerja mereka sendiri.

7. Manajemen kualitas total (total quality management) TQM
Komitmen seluruh anggota perusahaan untuk menanamkan kualitas dalam setiap aktivitas dengan cara melakukan perbaikan terus menerus.

Teknik-teknik TQM :
·         Siklus kualitas
·         Tolok ukur
·         Six sigma
·         Pengurangan siklus waktu
·         Perbaikan terus menerus

8. Tren dalam kendali mutu dan keuangan
a.    Standart kualitas internasional
b.   System control keuangan baru
c.    Pembiayaan berbasis aktivitas (ABC)
d.   Tata kelola

0 komentar:

Posting Komentar